SINOPSI MATA KULIAH
- Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
1. | STKIP001 | Pendidikan Agama (3 SKS) |
Membimbing sarjana muslim yang beriman dan betaqwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, serta menghargai kerjasama antara umat beragama dalam mengabdikan ilmu, teknologi dan seni untuk kepentingan nasional. | ||
2. | STKIP002 | Pendidikan Kewarganegaraan (3 SKS) |
Memberikan pemahaman terhadap Pancasila dan UUD 1945, wawasan nusantara, kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara melalui ketahanan nasional, pengertian dan pengembangan. | ||
3. | STKIP003 | Bahasa Indonesia (3 SKS) |
Keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik lisan maupun tulisan dalam kerangka ilmiah, dan surat menyurat, dengan memahami struktur kalimat, pengembangan paragraf, membuat kesimpulan dan resensi, sebagai media penyampaian ilmu pengetahuan. |
- Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
1. | BK6001 | Filsafat Pendidikan (2 SKS) |
Membahas tentang pengertian umum, azas-azas, sejarah dan perkembanngan filasafat, serta hubungan filsafat dengan pendidikan serta alat-alat pendidikan. | ||
2. | BK6002 | Sosiologi Pendidikan (2 SKS) |
Pengkajian mengenai dasar-dasar dan prinsip-prinsip sosiologi yang terjadi dalam pendidikan di sekolah dan di luar sekolah aspek-aspek dan masalah-masalah budaya lingkungan yang berpengaruh dalam pendidikan dan implikasinya dalam pendidikan. | ||
3. | BK6003 | Pedagogi (3 SKS) |
Pengkajian secara teoritis dan praktis tentang pengertian pendidikan, pentingnya pendidikan, pendidik, tujuan pendidikan serta alat-alat pendidikan. | ||
4. | BK6004 | Bahasa Inggris (2 SKS) |
Kemampuan membaca buku-buku teks dalam bidang studi dan bidang kependidikan yang berbahasa Inggris. | ||
5. | BK6005 | Belajar Pembelajaran (3 SKS) |
Membicarakan hakikat belajar dan pembelajaran dengan berbagai unsur dan pendekatannya, serta implikasinya dalam pelaksanaan belajar dan pembelajaran. | ||
6. | STKIP6005 | Pengantar Pendidikan (3 SKS) |
Membicarakan hakekat manusia hakekat manusia dan perkembangannya, hakekat, azaz, landasan dan lingkungan pendidikan serta pendidikan nasional. | ||
7. | STKIP6006 | Perkembangan Peserta Didik (3 SKS) |
Membicarakan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan, penyesuaian diri remaja (usia sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. | ||
8. | STKIP6007 | Profesi Kependidikan (3 SKS) |
Membicarakan peranan guru dalam pelayanan bimbingan dan konseling, administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan terhadap tugas, refleksi profesional dan kode etik profesi keguruan. |
- Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
BK6006Wawasan Dasar BK (3 SKS)
Pengertian, tujuan, fungsi, prinsip, asas-asas, landasan dan orientasi bimbingan dan konseling (BK) dalam proses pengembangan dan pengentasan masalah individu baik-disekolah maupun di luar sekolah. Secara khusus dibahas paradigma "pelayanan psiko-pedagogis dalam budaya Indonesia (ABKIN)" dan pola pelaksanaan BK di sekolah yaitu BK Pola 17 Plus.
BK6007Pengantar Psikologi (3 SKS)
Pengertian, aliran, prinsip, ciri-ciri, dan konsep psikologis untuk menganalisis kemampuan dasar manusia menyangkut: perhatian, pengamatan, ingatan, lupa, motif dan motivasi, emosi, belajar, berfikir dan berbahasa, serta aplikasinya dalam memahami tingkah laku manusia.
BK6008Psikologi Perkembangan 1 (3 SKS)
Hukum dan tugas-tugas perkembangan serta permasalahan yang mungkin timbul pada tahap-tahap perkembangan masa-bayi, kanak-kanak sampai masa anak, serta implikasinya dalam layanan BK. Pembahasan dikaitkan pada bidang bimbingan pribadi (dalam BK Pola 17 Plus) yang perlu dikembangkan di sekolah dan keluarga.
BK6009Psikologi Perkembangan 2 (3 SKS)
Membahas tentang tugas-tugas perkembangan dan permasalahan yang mungkin timbul pada masa dewasa dan lanjut usia serta implikasinya dalam layanan BK.
BK6010Psikologi Belajar (3 SKS)
Pengertian, teori, prinsip, bidang yang dipelajari, (konsep, bahasa, keterampilan, nilai dan sikap, berfikir dan pemecahan masalah) serta proses dan faktor-faktor yang mempengaruhi perbuatan belajar.
BK6011Psikologi Sosial (2 SKS)
Pengertian, konsep dan prinsip, prosedur serta metode mempelajari dan mengembangkan tingkah laku sosial individu dan kelompok; pengembangan dinamika kelompok yang produktif, ciri-ciri dan penyimpangan sosial, serta implikasinya dalam BK. Pembahasan dan pelatihan
BK6012Komunikasi Antar Pribadi (2 SKS)
Pengertian, unsur, proses komunikasi antar pribadi, dan latihan komunikasi antar pribadi yang sehat, ninamis, dan produktif, serta implikasinya dalam pelayanan profesi konseling.
BK6013Psikologi Kepribadian (3 SKS)
Pengertian dan teori tentang kepribadian, ciri-ciri kepribadian yang dinamis, produktif, dan matang, serta implikasinya dalam pelayanan profesi konseling.
BK6014BK Karir (3 SKS)
Pengertian, dan unsur-unsur BK Karir di sekolah, kedudukan pelayanan konseling karir disekolah, peranan konselor sekolah dalam mensukseskan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum yang dipakai (KTSP). Analisis panduan kegiatan pelayanan konseling di sekolah melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, konselor sekolah, guru, dan siswa dalam pengembangan proses pembelajaran, fasilitas, dan bantuan belajar bagi siswa.
BK6015Teknik Labor Konseling (6 SKS)
Pengertian, karakteristik, teknik, dan prosedur SPO (Standar Prosedur Operasional) yang ditempuh dalam pelaksanaan layanan konseling individual dan penilaiannya. Pembahasan latihan atau praktikum dalam kelompok kecil, peer-counseling, dengan memanfaatkan fasilitas micro-counseling.
BK6016Model-Model Konseling (4 SKS)
Pengertian, karakteristik, teknik, dan prosedur SPO (Standar Prosedur Operasional) yang ditempuh dalam pelaksanaan layanan konseling dengan beberapa model konseling: pendekatan dirktif, non direktif, behavioristik, humanistik, kognitif, dan psikoanalisis. Pembahasan latihan atau praktikum dikaitkan dengan kerangka kerja konseling eklektik.
BK6017Psikologi Konseling (3 SKS)
Analisis tingkah laku individu yang bermasalah dan aspek-aspek psikologis dalam konseling. Pembahasan dan latihan diarahkan pada proses konseling dengan klien-klien di sekolah dan luar sekolah.
BK6018Instrumentasi BK 1 (3 SKS)
Pengertian dan jenis-jenis instrumen (Non Tes) yang digunakan dalam kegiatan konseling, meliputi observasi, wawancara, angket, sosiometri, dan inventori seperti AUM (Alat Ungkap Masalah) dengan teknik manual dan komputerisasi. Syarat-syarat dan dasar-dasar penyusunan, pengadministrasian, pengelolaan serta penggunaan hasil instrumentasi, latihan atau prktikum dengan SPO (Standar Prosedur Operasional) yang dipraktekkan dalam instrumentasi, serta aplikasinya dalam pelayanan profesi konseling.
BK6019Instrumentasi BK 2 (3 SKS)
Pengertian dan jenis-jenis instrumen berbentuk tes yang digunakan dalam kegiatan konseling, meliputi tes inteligensi, bakat, minat, dan tes kemampuan khusus hasil belajar serta implikasinya dalam pelayanan profesi konseling.
BK6020Studi Kasus (3 SKS)
Pengkajian berbagai kasus yang dialami individu dalam berbagai dimensi: dimensi sebab akibat, dimensi lingkungan, dimensi psikologis-fisiologis, dimensi nilai dan norma, serta dimensi pembinaan dan pengembangan. Pembahasan dan latihan dikaitkan dengan penggungkapan data untuk kasus-kasus disekolah dan luar sekolah.
BK6021Layanan BK 1 (3 SKS)
Pengertian, karakteristik, materi, sasaran, teknik dan prosedur layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran. Pembahasan dan latihan dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) yang diperuntukkan bagi layanan pada BK Pola 17 Plus di sekolah dan konseling luar sekolah.
BK6022Layanan BK 2 (3 SKS)
Pengertian, karakteristik, materi, sasaran, teknik dan prosedur penyelenggaraan serta penilaian hasil layanan bimbingan kelompok, latihan dan prktikum penyelenggaraan kedua layanan ini diorientasikan pada BK Pola 17 Plus dan konseling luar sekolah.
BK6023Layanan BK 3 (3 SKS)
Pengertian, karakteristik, materi, sasaran, teknik dan prosedur layanan konten, mediasi, dan konsultasi latihan dan praktek difokuskan pada klien di sekolah dan luar sekolah.
BK6024Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Perbaikan (3 SKS)
Pengertian, prinsip, kriteria, sasaran, teknik, dan Standar Prosedur Pelayanan (SPO), evaluasi hasil belajar, dan diognosis kesulitan hasil belajar, pengajaran perbaikan sebagai bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, serta implikasinya dalam pelayanan profesi konseling di sekolah.
BK6025Kegiatan Pendukung BK (3 SKS)
Pengertian, tujuan, fungsi, jenis, kegiatan pendukung (himpunan data, konferensi kasus, kunjungan rumah, alih tangan kasus) dan aplikasinya dalam pelayanan profesi konseling. Pembahasan dan latihan diorientasikan kepada BK Pola 17 Plus, dan konseling luar sekolah.
BK6026Kegiatan Ko/Ekstra Kurikuler (3 SKS)
Pengertian, tujuan, kegunaan, jenis-jenis kegiatan, serta perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian acara diluar kegiatan rutin-wajib. Latihan dan praktek kegiatan "Out Bound" dilaksanakan terhadap individu atau kelompok disekolah dan luar sekolah.
BK6027Evaluasi dan Akuntabilitas BK (2 SKS)
Pengertian, fungsi, prinsip, dan alat penilaian kegiatan BK. Pembahasan dan latihan difokuskan pada penilaian proses dan hasil layanan BK (penilaian segera, jangka pendek, dan jangka panjang) serta pertanggungjawaban pelaksanaan BK profesional di sekolah dan luar sekolah.
BK6028Pengelolaan Program BK (3 SKS)
Pengertian, dasar, teori, prinsip, dan pola organisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pelayanan konseling di sekolah. Analisis pelaksanaan manajemen dan permasalahannya melalui observasi dan wawancara dengan personil sekolah.
BK6029Statistik Dasar (3 SKS)
Konsep dasar statistik, data dan variabel, ditribusi frekuensi, dan penyajian data (tabel dan grafik), tendensi sentral, variabelitas, kurve normal, korelasi, uji Chi-Kuadrat, dan Uji-T, serta aplikasi penggunaan data statistik dengan mengunakan program komputerisasi (SPSS) dalam pendidikan, penelitian, dan profesi konseling.
BK6030Metodologi Penelitian 1 (4 SKS)
Pengertian, prinsip, konsep dasar, dan pendekatan-pendekatan dalam penelitian (observesi, survey, penelitian deskriptif, dan eksperimen, penelitian kuantitatif dan kualitatif). Pembahasan ditujukan pada analisis dan penyusunan karya ilmiah (skripsi), rancangan dan langkah-langkah penelitian, pembahasan terhadap isu-isu aktual pendidikan dan pelayanan konseling untuk penyusunan proposal penelitian.
BK6031Metodologi Penelitian 2 (3 SKS)
Penyususnan instrumen penelitian, pelaksanaan pengumpulan data, aplikasi pengelolaan, dan pemaknaan data, penyusunan proposal penelitian (skripsi), seminar proposal penelitian. Pembahasan diarahkan pada praktek dan latihan pembuatan dan penulisan proposal penelitian, seminar proposal, pengolahan data penelitian, penyajian dan laporan hasil penelitian.
BK6032Kapita Selekta BK (2 SKS)
Pengumpulan data sederhana tentang permasalahan dalam BK melalui berbagai cara dan teknik (observasi, wawancara, angket, daftar pilihan, skala) diolah melalui prosedur statistik. Pembahasan diperluas dengan studi literatur, jurnal, artikel, dan sumber-sumber lain dalam bidang BK atau profesi konseling.
BK6033Psikologi dan Konseling Lintas Budaya (2 SKS)
Pengertian dan hakikat kebudayaan, hubungan serta interaksi antar budaya dalam keharmonisan antar etnis: identifikasi dan analisis psikologis, analisis aspek-aspek kebudayaan yang yang mempengaruhi kehidupan dan masalah klien dalam keragaman budaya serta implikasinya dalam pelayanan konseling multikultural.
BK6034Skripsi (6 SKS)
Suatu kegiatan ilmiah dalam bentuk tugas akhir mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling dalam menyelesaikan pendidikan strata satu (S.1.). di STKIP PGRI Sumatera Barat. Pelaksanaan diarahkan pada penelitian dilapangan dilandasi kajian teoritik (penelitian deskriptif atau eksperimen yang bersifat kuantitatif dan kualitatif) melalui penulisan proposal yang lengkap, pembimbingan terstruktur, dan ujian skripsi dalam bidang konseling dan pendidikan.
Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
1. |
| Pendidikan Anak Berbakat (2 SKS) |
Pengertian, prinsip, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi bakat, serta prosedur pengidentifikasian dan pembinaan anak unggul atau anak berbakat; peranan konselor sekolah dalam membina dan mengembangakan potensi anak berbakat, pembahasan dan latihan dikaitkan dengan pelayanan BK Pola 17 Plus di sekolah dan luar sekolah. | ||
2. |
| Strategi Pembelajaran (3 SKS) |
Pengkajian tentang konsep dasar dan strategi pembelajaran, komponen dan jenis strategi pembelajaran. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam memilih strategi pembelajaran (karakteristik materi, guru, siswa, situasi, dan fasilitas yang tersedia). Berbagai metode dan pendekatan dalam pembelajaran serta keunggulan dan keterbatasannya. Berbagai model belajar mengajar serta penerapannya dalam proses belajar mengajar serta merancang dan menggunakan berbagai strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. | ||
3. |
| Microteaching (3 SKS) |
Pengertian, pemahaman, konsep pembelajaran dalam berbagai keterampilan dalam mengajar, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi yang dilakukan dikelas atau laboratorium microteaching secara peer-teching. | ||
4. |
| Evaluasi Hasil Belajar (2 SKS) |
Pengertian, fungsi, prinsip, syarat dan jenis penilaian pendidikan. Pembahasan dan latihan difokuskan pada penyususnan, validitas alat ukur hasil belajar, dan pengolahan serta penggunaan hasil-hasilnya untuk kenaikan kelas, penempatan dan penyaluran, diagnosis, dan layanan BK di sekolah. | ||
5. | BK6039 | BK Akhlak dan Budi Pekerti |
Pengertian, fungsi, tujuan, peranan, dan motivasi keberagamaan untuk memelihara akhlak mulia (Akhlakuk Karimah) dan meninggalkan akhlak yang tercela (Akhlakuk Mazmumah) dalam kehidupan dengan memperbanyak ibadah atau amal saleh. Pembahasan dipertajam dengan studi literatur Wawasan Konseling dalam al-Qur'an, Wawasan Konseling dalam al-Hadits, ilmu kesehatan mental, dan sumber-sumber lain dalam BK Pola 17 Plus Agama. | ||
6. | BK6040 | Analisis Jabatan dan Personil |
Pengertian, unsur-unsur, uraian tugas, persyaratan, tuntutan pekerjaan (fisik, psikis), status dan prospek pekerjaan, kemampuan dasar individu, dan kesesuaian kerja, prinsip dan prosedur penyeleksisn, penempatan, upaya pengembangan SDM karyawan dilembaga kerja. Pemberdayaan potensi karyawan secara optimal dan pengentasan permasalahanya melalui layanan BK serta implikasi pendidikan, strata jabatan, dan sosial keuangan bagi pemegang jabatan itu. | ||
7. | BK6041 | Praktikum Lapangan Bimbingan dan Konseling Luar Sekolah (PLBK-Luar Sekolah) [4 SKS] |
Praktek tersupervisi layanan konseling pendidikan pada lembaga pendidikan luar sekolah, seperti keluarga, panti asuhan, rumah singgah, rumah sakit, lembaga pemasyarakatan (LP), organisasi pemuda, perusahaan, instansi pemerintahan maupun swasta. Pedoman PLBK-Luar Sekolah disusun tersendiri. | ||
8. | BK6042 | Praktikum Lapangan Bimbingan dan Konseling Sekolah (PLBK-Sekolah) [4 SKS] |
Praktek tersupervisi layanan konseling pendidikan terhadap siswa disekolah. Mahasiswa praktek bertindak sebagai konselor sekolah yang berfungsi secara penuh. Pedoman PLBK-Sekolah disusun tersendiri. | ||
9. | BK6043 | Praktikum Lapangan Kependidikan (PL-Kependidikan) [4 SKS] |
Praktek tersupervisi terhadap siswa disekolah dalam penyelenggaraan layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar. Pedoman PL-Kependidikan disesuaikan dengan karakteristik pelayanan Bimbingan dan Konseling disekolah. |
- Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MPB)
1. | STKIP6008 | Ilmu Alamiah Dasar (3 SKS) |
Dasar-dasar pengetahuan dan kemampuan memanfaatkan perkembangan Sains dan matematika mutakhir secara populer, terutama tentang Public Health, Applied Science dan dasar-dasar matematika moderen. | ||
2. |
| Ilmu Sosial Budaya Dasar (3 SKS) |
Memberikan pengetahuan dan permasalahan dasar dibidang ilmu-ilmu kemasyarakatan seperti; Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Politik, Budaya, dan Psikologi dengan pembahasan inter-disipliner guna melengkapi pembinaan kepribadian calon sarjana. | ||
3. |
| Kuliah Kerja Nyata (KKN) (2-0 SKS) |
Mengaplikasikan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidangnya terhadap masyarakat dalam usia pendidikan dasar dan menengah. Setiap mahasiswa harus mencari minimal 5 orang anggota masyarakat yang masih dalam usia pendidikan dasar dan menengah untuk dilatih/diajar dalam waktu tertentu sehingga peserta memiliki kemampuan dibidang yang dilatih tersebut. Tujuan : Menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam hidup bermasyarakat Bentuk kegiatan : memberikan pelajaran dan pelatihan (pengayaan) Waktu : Rentang pelaksanaannya 1 semester |
- Kuliah Kegiatan Prasyarat (0 SKS)
1. | BK6046 | Kuliah Kerja Lapangan BK (KKL BK) (0 SKS) |
2. | BK6048 | Seminar Profesi Konseling (0 SKS) |
Keterangan: |
Kuliah Kegiatan Prasyarat (0 SKS) wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling merupakan syarat untuk seminar proposal, ujian skripsi, dan wisuda dibuktikan dengan piagam atau sertifikat sah (Asli). |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar